Persepsi Mahasiswa terhadap Metode Kegiatan Pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
Abstract
Metode pembelajaran di fakultas kedokteran terus berkembang untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Sistem SPICES diterapkan dengan berbagai metode seperti perkuliahan, diskusi, PBL, dan Clinical Skill Lab. Kajian ini diperlukan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas metode kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar ilmu kedokteran pada mahasiswa, serta untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kendala yang dialami dalam metode kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memberikan persepsi setuju terhadap metode pembelajaran kuliah, praktikum, Problem-Based Learning (PBL), Clinical Skill Lab, dan observasi lapangan. Hal ini menunjukkan bahwa metode-metode tersebut efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar ilmu kedokteran. Meskipun sebagian besar mahasiswa setuju dengan efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan, terdapat beberapa kendala yang masih dirasakan, terutama dalam metode praktikum, PBL, dan observasi lapangan. Beberapa mahasiswa menyatakan kurang optimalnya pelaksanaan metode tersebut, mencerminkan adanya tantangan yang perlu dievaluasi lebih lanjut. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia secara umum efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar ilmu kedokteran, sebagaimana ditunjukkan oleh mayoritas persepsi positif mahasiswa. Namun, masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan metode praktikum, PBL, dan observasi lapangan yang perlu dievaluasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di masa depan.
Copyright (c) 2025 Gunursy Mulya Utama, Shulhana Mokhtar, Mohammad Reza Zainal Abidin, Marlyanti Nur Rahma, Windy Nurul Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.